Bursa Jepang Tutup Di Zona Positif Didukung Saham Otomotif


Bursa saham Jepang siang ini ditutup dengan membukukan kenaikan yang cukup signifikan (9/6). Indeks Topix melanjutkan kenaikan yang terjadi pekan lalu. Sentiment positif hari ini terjadi setelah data lain menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Jepang berada di level paling cepat sejak tahun 2011 pada kuartal pertama lalu. Pertumbuhan GDP kuartal pertama yang telah direvisi menunjukkan angka 6.7 persen, lebih tinggi dibandingkan estimasi yang mengharapkan pertumbuhan sebesar 5.9 persen.

Membaiknya kondisi sektor perdagangan Tiongkok juga turut menjadi pendorong kenaikan di bursa Jepang hari ini. Saham Mazda Motor mengalami peningkatan sebesar 1.3 persen. Produsen mobil ini memperoleh 30 persen penjualannya dari kawasan Amerika Utara.

Alps Electric dan Panasonic tampak mengalami peningkatan masing-masing nyaris sebesar 3 persen. Isuzu Motors berakhir menguat lebih dari 2 persen.

Indeks spot Nikkei di akhir perdagangan tampak masih bertahan di teritori hijau. Terpantau indeks spot meningkat 46.76 poin atau 0.31 persen dan berada pada posisi 15124.00.

Indeks berjangka Nikkei 225 mengakhiri sesi pertama di level 15130, turun sebesar 50 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu. Pada perdagangan hari ini indeks berjangka telah mengalami pergerakan pada kisaran 15125 – 15215 poin.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan bursa saham Jepang pada perdagangan besok akan cenderung dipengaruhi oleh kondisi bursa saham di Amerika Serikat dan Eropa. Rilis data penting yang akan dinantikan nanti besok adalah data aktivitas sektor jasa di Jepang.

sumber : vibiznews.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us