Dana Pensiun Jepang Picu Indeks Nikkei Dibuka Menguat


Perdagangan bursa Saham Jepang dibuka dengan menguat pada pagi ini (11/6) setelah pada perdagangan Selasa 10 Juni 2014 ditutup melemah. Penguatan Bursa Nikkei terjadi akibat dorongan fundamental positif dari wacana alokasi dana pensiun Jepang.

Rilis Pernyataan dari Kepala Dana Pensiun Publik Jepang, berhasil menggerakan indeks Nikkei di zona hijau pada pembukaan pagi ini. Pernyataan terkait akan digunakannya dana pensiun di sektor saham domestik Jepang meningkatkan gairah di Bursa Nikkei yang sempat melemah kemarin akibat aksi profit taking.

Berdasarkan rencana GPIF ( Pengelola dana pensiun Jepang), penggunaan dana pensiun yang selama ini dialokasikan sebesar 12% untuk saham domestik dan asing akan dinaikan. Pada skenario baru GPIF, direncanakan total alokasi dana untuk masing-masing sektor saham akan dinaikan ke level 17%.

Terpantau pada pagi ini, Indeks Nikkei dibuka dengan penguatan sebesar 0,4%. Hingga berita ini diturunkan Indeks Nikkei terpantau sedang bergerak menguat 0,38% ke kisaran level 15.052,41 atau menguat 57,61 poin.

Sedangkan untuk pergerakan Indeks Nikkei berjangka terpantau pada pagi ini juga dibuka menguat sebesar 0,10% di level 14.990. Hingga berita ini diturunkan, harga Indeks Nikkei Berjangka telah bergerak kembali menguat dari level pembukaan sebesar 55 poin di kisaran level 15.045.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan bursa saham Jepang pada perdagangan hari ini berpotensi mengalami penguatan. Hal tersebut dilandasi oleh sentimen positif kuat dari wacana peningkatan investasi sektor saham oleh GPIF. Diprediksi Indeks Nikkei pada hari ini akan bergerak pada kisaran 14.750-15.150. Sedangkan untuk Indeks Nikkei berjangka diprediksi akan bergerak di level 14.775 – 15.200.

SUMBER : vibiznews.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us