Emas Rebound, Harga Spot Tembus Level $1.260

 Harga emas di Bursa COMEX pada perdagangan Selasa 10 Juni 2014 terpantau ditutup menguat pada penutupan dini hari tadi. Penguatan harga emas pada perdagangan di Bursa COMEX dipicu oleh sentimen positif dari perkembangan isu di Afrika Selatan dan rilis data Tiongkok.

Kisruh pemogokan buruh Afrika Selatan terpantau menjadi sentimen positif bagi pergerakan harga emas pada perdagangan di Bursa COMEX. Pembicaraan antara pemerintah Afrika Selatan dan Serikat Buruh yang gagal pada Senin lalu, memicu ketidakpastian sektor pertambangan di Afrika Selatan. Khususnya untuk hasil tambang andalan Afrika Selatan yaitu Paladium, pada penutupan dini hari tadi terpantau harga komoditas tersebut naik hingga mendekati harga tertinggi 4 tahun.

Selain faktor sentimen positif dari pemogokan buruh di Afrika Selatan, harga emas juga terangkat oleh perkembangan data Tiongkok. Rilis data inflasi Tiongkok yang terpantau mengalami kenaikan, kembali meningkatkan minat investasi aset safe haven untuk menghindari kerugian pengurangan nilai mata uang Yuan. Dari data inflasi Tiongkok yang rilis Selasa lalu, Inflasi terpantau berada pada 2,5% YoY atau naik 0,7% dari data tahun sebelumnya.

Pada perdagangan Selasa 10 Juni 2014, harga emas spot di Bursa COMEX ditutup melemah dini hari tadi. Harga emas spot COMEX ditutup naik hingga 0,49% ke tingkat harga $1.260,1/t oz atau menguat $6,2/t oz.

Sedangkan untuk bursa berjangka COMEX, pada penutupan dini hari tadi harga emas berjangka juga ditutup menguat. Harga emas berjangka COMEX untuk kontrak Agustus 2014 naik signifikan sebesar 0,61% ke tingkat harga $1.259,6/t oz atau menguat $7,7/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas masih berpotensi untuk melanjutkan pola menguat pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh dorongan sentimen positif dari perkembangan di Afrika Selatan dan Tiongkok yang juga disupport oleh cenderung melemahnya Bursa Wall Street akibat aksi tunggu data akhir pekan. Terkait pergerakan harga, emas COMEX diprediksi akan bergerak di kisaran $1.244-$1.272 dan $1.244-$1.271 untuk emas berjangka kontrak Agustus 2014.

sumber : vibiznews.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us