Harga Emas LLG dan Comex Melemah, Data AS Positif


Harga emas pada perdagangan Kamis 26 Juni 2014 terpantau ditutup melemah dini hari tadi. Pelemahan harga emas dipicu oleh kondisi teknikal emas yang telah lemah serta dorongan fundamental negatif dari data perekonomian AS.

Data perekonomian AS yang sebelumnya cenderung memperkuat harga emas pasca penurunan GDP kuartal 1 kini justru terpantau melemahkan harga emas. Beberapa data AS seperti klaim pengangguran, tingkat pendapatan serta pengeluaran perorangan yang mengindikasikan potensi pertumbuhan AS yang berjalan baik berdampak pada melemahnya emas.

Berdasarkan data klaim pengangguran AS, klaim terpantau menurun dari level 314.000 ke 312.000 per 16 Juni 2014. Sedangkan pada data tingkat pendapatan, terpantau pendapatan penduduk AS mengalami pertumbuhan peningkatan dari 0,3 pada April menjadi 0,4 pada Mei 2014. Sementara itu, data pertumbuhan pengeluaran juga naik dari 0,0% pada April menjadi 0,2% pada Mei.

Dampak dari rilis beberapa data tersebut, posisi pergerakan harga emas yang telah jenuh secara teknikal semakin terdorong untuk melemah meskipun dorongan fundamental positif dari konflik Irak maupun melemahnya perekonomian Eropa masih cukup kuat. Selain itu, peningkatan tajam harga emas dalam tiga pekan terakhir juga telah berdampak pada menurunnya daya beli investor.

Pada perdagangan Kamis 26 Juni 2014 harga emas LLG ditutup melemah. Harga emas LLG ditutup melemah 0,20% ke tingkat harga $1.316,55/t oz atau turun $2,60/t oz. 

Sedangkan dari Bursa Comex terpantau harga emas berjangka juga mengalami pelemahan. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Agustus 2014 juga turun 0,42% ke tingkat harga $1.317/t oz atau melemah $5,6/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas akan cenderung kembali melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh posisi lesu pada komoditas emas serta adanya indikasi pergerakan perekonomian AS yang telah berjalan baik berdasarkan beberapa rilis data terakhir meskipun GDP masih negatif. Terkait pergerakan harga emas pada perdagangan hari ini, emas LLG akan berada di kisaran $1.301-$1.328 sementara berjangka Comex untuk kontrak Agustus pada $1.301-$1.329/t oz.

sumber : vibiznews.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us