Harga minyak mentah di Bursa Nymex terpantau ditutup mixed


Harga minyak mentah di Bursa Nymex terpantau ditutup mixed pada perdagangan Rabu 25 Juni 2014 dini hari tadi. Pergerakan mixed pada harga minyak mentah di Bursa Nymex dipicu oleh adanya faktor fundamental positif sekaligus negatif yang membuat arah pergerakan harga menjadi tidak stabil.

Beberapa rilis faktor fundamental terhadap pergerakan minyak mentah terpantau membuat harga minyak mentah bergerak mixed di Bursa Nymex. Data-data yang ditunggu oleh para investor terkait persediaan minyak AS oleh EIA dan GDP kuartal 1 AS untuk melihat pola potensi pengaruh supply dan demand minyak justru memicu harga minyak mentah untuk bergerak mixed.

Berdasarkan rilis data EIA,persediaan minyak mentah AS terpantau mengalami peningkatan jumlah signifikan yang jauh diatas ekspektasi. Persediaan minyak AS yang sebelumnya diprediksi akan mengurang sebesar 1,6 juta barrel justru bertambah 1,74 juta barrel. Hal tersebut berdampak pada tumbuhnya sentimen negatif terhadap pergerakan harga minyak di bursa Nymex.

Sedangkan terkait rilis data GDP AS kuartal, pencapaian pertumbuhan AS yang ternyata lebih rendah dari ekspektasi juga turut memberikan sentimen negatif. GDP AS kuartal 1 yang sebelumnya telah diprediksi melemah di level -1,0%, ternyata berada jauh lebih lemah di level -2,9 atau turun 5,5% dar pencapaian sebelumnya.

Walaupun mendapatkan tekanan fundamental negatif cukup kuat dari kedua rilis data tersebut, harga minyak mentah mengalami dorongan fundamental positif kuat dari perkembangan kebijakan ekspor AS. Kebijakan lanjutan pemerintah AS untuk kembali mengizinkan ekspor kondensat dengan penyulingan seminimal mungkin. Hal tersebut berdampak pada potensi pengetatan supply minyak di pasar domestik AS yang dapat memicu penguatan harga minyak meskipun kebijakan tersebut tidak mengubah peraturan terkait ekspor minyak mentah AS.

Pada perdagangan Rabu 25 Juni 2014 harga minyak jenis WTI di Bursa Nymex terpantau ditutup menguat dini hari tadi. Harga minyak WTI berjangka Nymex untuk kontrak Agustus 2014 naik 0,44% ke tingkat harga  $106,50/barrel atau menguat $0,47/barrel.

Sedangkan untuk minyak mentah jenis Brent, pada dini hari tadi di Bursa Nymex minyak mentah jenis tersebut terpantau justru ditutup melemah. Harga minyak Brent berjangka Nymex untuk kontrak Desember 2014 turun 0,56% ke tingkat harga $111,97/barrel atau melemah $0,6/barrel.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga minyak mentah akan cenderung bergerak melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh sentimen negatif dari data persediaan EIA yang diprediksi akan menjadi faktor determinan terkuat yang mempengaruhi pergerakan harga minyak di Nymex. Terkait pergerakan harga minyak di Bursa Nymex pada perdagangan hari ini, range normal diprediksi akan berada di kisaran $111-$113 pada minyak Brent dan $104,5-$108,5 pada minyak WTI.


sumber: vibiznews.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us