Bursa Saham Jepang Ditutup Turun Terkait Penguatan Yen


PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA, Bursa saham Jepang melemah untuk pertama kalinya dalam empat hari terakhir, memangkas gain mingguan terbesar dalam indeks Topix sejak bulan Februari, setelah data ekonomi AS yang lemah mendorong penguatan yen terhadap dolar.

TDK Corp. turun 2,2%. Maskapai penerbangan memimpin penurunan dalam indeks Topix Jepang setelah saham Airlines Co kehilangan 2,9% akibat penguatan harga minyak mentah. Biro iklan digital CyberAgent Inc. anjlok 3,6% setelah laba bersih dan penjualan meleset dari perkiraan. Saham Kao Corp merosot 2,6% setelah laba kuartalan turun lebih dari setengah.

Indeks Topix kehilangan 0,4% ke level 1,618.84 pada penutupan perdagangan di Tokyo, memangkas gain mingguan menjadi 1,9%. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,8% ke level 20,020.04, mengakhiri minggu ini di atas 20.000 untuk pertama kalinya dalam 15 tahun terakhir. Yen menguat 0,1% ke level 119,43 per dolar setelah kemarin penguatan 0,3% karena meningkatnya klaim pengangguran dan data perumahan yang lemah meragukan outlook ekonomi AS.

Indeks Markit Economics awal untuk manufaktur AS turun ke level terendah dalam tiga bulan. Indeks serupa di Eropa dan Jepang juga turun dan berada di bawah perkiraan ekonom. Sementara itu PMI awal China dari HSBC Holdings Plc dan Markit untuk bulan April merosot ke level terendah dalam setahun.(frk)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us