Impor Emas Tiongkok Dari Hong Kong Sentuh Level Terendah 7-bulan di Maret

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA, Data yangd rilis Selasa lalu menunjukan bahwa impor emas Tiongkok dari Hong Kong merosot ke level terendah dalam tujuh bulan terakhir pada bulan Maret lalu karena permintaan yang menurun pada konsumen emas terbesar kedua di dunia tersebut.

Impor emas bersih dari Hong Kong turun menjadi 66,363 ton dari 67,575 ton pada Februari, menurut data yang diolah Reuters dari Hong Kong Departemen Sensus dan Statistik.

Impor bulan lalu adalah yang terendah sejak Agustus 2014.

Tiongkok melewati India menjadi konsumen emas terbesar di dunia pada 2013, ketika terjadi penurunan harga sebesar 28 persen pada logam berkode XAU.

Namun, India mengambil kembali gelar tahun lalu mengikuti penurunan lebih lanjut pada harga emas karena para konsumen Tiongkok mulai tergiur untuk mengambil keuntungan.

Upaya yang dilakukan pemerintah untuk anti-korupsi juga telah menjadi salah satu penghambat permintaan.

India kemungkinan akan tetap menjadi konsumen emas terbesar tahun ini, menurut World Gold Council.

Sebelumnya pada hari Selasa kemarin, Asosiasi Emas Tiongkok mengatakan bahwa konsumsi emas tetap stabil pada kuartal pertama, hanya naik 1 persen dari tahun sebelumnya di 326,68 ton.

Impor emas ke Tiongkok juga telah ditekan oleh persediaan yang cukup banyak di China daratan.

Tiongkok tidak memberikan data perdagangan resmi terkiat komoditas emas, sehingga angka Hong Kong berfungsi sebagai proxy untuk arus ke wilayah tersebut.

Namun, data Hong Kong juga tidak bisa dijadikan memberikan gambaran penuh atas pembelian dari Tiongkok karena impor juga datang langsung melalui Shanghai dan Beijing dan tidak ada angka resmi terkait dengan pengirimannya. (brc)

Sumber: Reuters

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us