Emas Melemah Akibat Penguatan Dolar Menekan Permintaan


Emas turun karena penguatan dolar dan investor menilai perkembangan krisis utang Yunani. Palladium tenggelam ke level terendah dalam dua tahun.

Bullion untuk pengiriman segera turun sebanyak 0,3% ke level $ 1.176 per ons sebelum diperdagangkan di level $ 1,177.05 pada pukul 02:10 siang di Singapura, menurut Bloomberg generic pricing. Logam, yang reli sebanyak 1,1% ke level $ 1,188.23 pada hari Senin di tengah kekhawatiran keanggotaan euro Yunani berada dalam bahaya, menuju penurunan kuartalan keempat beruntun.

Dalam tahun ini emas turun 0,6% karena investor berfokus saat Federal Reserve akan mulai menaikkan suku bunga di tengah kebuntuan atas krisis Yunani. Negara tersebut menutup bank-bank dan menahan aliran uang ke luar negeri sebagai sebuah langkah yang mungkin memperdalam resesi dan risiko ke arah keluar dari euro. Tingkat suku bunga yang lebih tinggi dan dolar yang lebih kuat mengurangi daya tarik emas, yang umumnya menawarkan pengembalian hanya melalui kenaikan harga.

Indeks Bloomberg Dollar Spot pada hari Selasa naik 0,1%, memperpanjang kenaikan tahun ini menjadi 4,1%. Sementara penurunan kuartalan keempat berturut-turut emas merupakan kemerosotan terpanjang sejak tahun 1997. Harga logam telah turun 0,5% pada kuartal ini dan turun kurang dari 0,1% dalam tiga bulan pertama.(frk)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us