EmasMengalami Reli Terkait Risiko Keluarnya Yunani Dari Euro Zone

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA, Emas dengan perak menguat setelah Yunani menutup bank-bank dan kontrol modal yang diberlakukan, mendorong permintaan untuk aset haven di tengah kekhawatiran bahwa keanggotaan negara-negara euro dalam bahaya.

Bullion untuk pengiriman segera menguat sebanyak 1,1% ke level $ 1,188.23 per ons dan berada di level $ 1,184.98 pada pukul 7:06 pagi di London, menurut Bloomberg generic pricing. Emas untuk pengiriman Agustus melonjak sebanyak 1,2% ke level $ 1,187.60 di Comex dan diperdagangkan di level $ 1,183.80.

Optimisme bahwa Yunani dan kreditor akan mencapai kesepakatan, menghilang pada Jumat tengah malam setelah Perdana Menteri Alexis Tsipras mengejutkan mitranya dengan meminta referendum pada tanggal 5 Juli terkait langkah-langkah penghematan yang diminta oleh kreditur. Hari Selasa besok menandai berakhirnya paket bailout Yunani serta batas waktu pembayaran kepada Dana Moneter Internasional. kenaikan emas muncul akibat pelemahan euro terhadap dolar dan melemahnya ekuitas global.

Para pejabat Eropa membahas mengkarantina Yunani dari sisa blok mata uang, sambil menjaga keluarnya euro dari orbitnya. Kepala penasehat ekonomi Allianz SE Mohamed El-Erian mengatakan Senin bahwa ia melihat 85% kemungkinan bahwa Yunani akan dipaksa untuk meninggalkan euro zone.(frk)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us