Indeks Berjangka Eropa Melemah Terkait Gagalnya Pembicaraan Yunani


Indeks saham berjangka Eropa melemah, mengindikasikan penurunan ekuitas, setelah pembicaraan bailout Yunani gagal mencapai kesepakatan, mendorong negara tersebut lebih dekat keluar dari euro zone.

Kontrak pada indeks Euro Stoxx 50 yang berakhir pada bulan September turun 6% ke level 3.404 pada pukul 7:05 pagi di London. Yunani menutup bank-bank dan kontrol modal yang diberlakukan dalam upaya untuk mencegah runtuhnya sistem keuangan.

Saham-saham perusahaan pemberi pinjaman Eropa diprediksi bergerak setelah pengumuman sebelum pukul 03:00 sore di Athena mengatakan bahwa bank-bank Yunani akan ditutup setidaknya sampai 6 Juli. Komisi Pasar Modal resmi mengatakan Bursa Efek Athena akan tetap ditutup pada hari Senin.

Indeks Stoxx Europe 600 menguat 2,9% pekan lalu, terbesar sejak bulan April, di tengah optimisme atas kesepakatan. Risiko penularan potensial jika Yunani meninggalkan mata uang euro bergolaknya pasar global. Mata uang umum di kawasan tersebut melemah pada hari Senin, bersama dengan indeks ekuitas berjangka AS dan saham-saham Asia.(frk)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us