Indeks Saham Berjangka Eropa Indikasikan Perluasan Aksi Jual Terkait Yunani


Indeks saham berjangka Eropa turun, menunjukkan ekuitas akan turun untuk hari kedua, karena investor mengkaji apakah Yunani akan mengalami default terkait pembayaran yang jatuh tempo pada hari Selasa.

Kontrak pada indeks Euro Stoxx 50 yang berakhir pada bulan September turun 0,5% ke level 3.449 pada pukul 7:06 pagi di London. Yunani memicu kemenangan ekuitas global sebesar $ 1.5 triliun pada hari Senin setelah menyerukan referendum pada 5 Juli mendatang terkait tuntutan kreditur, menutup bank-bank serta penukaran dan kontrol modal yang dikenakan.

Yunani di jalur untuk menahan pembayaran kepada Dana Moneter Internasional sebesar 1,5 miliar euro ($ 1.7 miliar) yang jatuh tempo pada Selasa ini. Dimulai pada tengah malam, secara resmi tidak akan lagi berada di bawah perlindungan program bailout mata uang euro. Perdana Menteri Alexis Tsipras mengatakan kepada ERT TV bahwa para pemimpin Eropa tidak akan mengeluarkan Yunani karena biayanya akan terlalu tinggi.

Indeks Stoxx Europe 600 turun tajam dalam delapan bulan terakhirkemarin, dengan ekuitas di Spanyol, Portugal dan Italia memimpin penurunan. Bursa Efek Athena akan tetap ditutup selama hari libur bank yang berlangsung hingga 6 Juli mendatang.

Bank Sentral Eropa akan mempertahankan apa yang disebut dengan Bantuan Likuiditas Darurat untuk pemberian pinjaman kepada Yunani "sampai pemberitahuan lebih lanjut," kata anggota Dewan Eksekutif Benoit Coeure. Sebuah kesepakatan politik untuk menjaga Yunani tetap berada dalam mata uang euro masih mungkin jika orang-orang yang ikut memilih mendukung tuntutan penghematan dalam referendum, katanya.(frk)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us