Minyak Bersiap Catat Penurunan Bulanan Ketiga


Minyak menuju penurunan bulanan ketiga seiring pengebor minyak AS menunjukkan tanda-tanda meningkatnya aktifitas pengeboran bahkan seiring melimpahnya pasokan minyak global.

Minyak berjangka turun sebanyak 2 persen di New York pasca rally terbesar dalam dua hari terakhir sejak 2009 lalu. Jumlah rig aktif pengeboran minyak di AS meningkat untuk minggu keenam menjadi 675, terbesar sejak awal Mei lalu, menurut Baker Hughes Inc, indeks fluktuasi harga minyak naik Jumat ke level tertinggi dalam lima bulan terakhir.

Minyak gelar penurunan pasca anjlok di bawah $ 40 per barel bulan ini, terendah sejak Februari 2009 lalu, kekhawatiran melambatnya permintaan di AS dan China akan meninggalkan kelebihan pasokan minyak di pasar global. Sementara minyak mentah telah berayun lebih tinggi di tengah rebound di komoditas dan ekuitas, harga minyak telah anjlok sebesar 25 persen dari level tertingginya tahun ini pada bulan Juni lalu.

Minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober turun sebanyak 92 sen ke level $44,30 per barel di New York Mercantile Exchange dan berada di level $44,70 pukul 13:38 waktu Singapura. Kontrak WTI naik 17 persen dalam dua hari terakhir pada hari Jumat pekan lalu, terbesar sejak Januari 2009 lalu. Volume transaksi semua perdagangan berjangka yang lebih dari dua kali lipat SMA 100-hari. Harga telah menurun sebesar 5,1 persen pada bulan ini. (izr)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us