Emas Menuju Bulanan Terburuk Sejak 2013 seiring Divergensi Bank Sentral

Emas diperdagangkan mendekati level terendah dalam lebih dari lima tahun pada prospek divergensi lebih lanjut dalam kebijakan moneter antara AS dan Eropa, dengan Federal Reserve diperkirakan akan menaikkan suku bunga bulan depan sementara Bank Sentral Eropa akan menambah stimulus.

Bullion untuk pengiriman segera diperdagangkan sedikit berubah pada level $ 1,057.53 per ounce pada pukul 8:59 pagi waktu Singapura setelah jatuh pada hari Jumat ke level $ 1,052.83, atau level terendah sejak Februari 2010, menurut harga publik Bloomberg. Harga telah turun 7,4 persen bulan ini, menuju untuk penurunan terbesar sejak Juni 2013.

Emas menuju penurunan tahunan ketiga seiring prospek yang lebih tinggi biaya pinjaman AS mendongkrak dolar dan memaksa investor untuk mengurangi kepemilikan. Data Non-farm payrolls AS untuk November minggu ini akan membantu membentuk keputusan pada tingkat suku bunga pembuat kebijakan Fed bulan depan. Pada hari Kamis, Bank Sentral Eropa dapat mengurangi suku bunga deposito dan memperluas program pembelian aset kawasan untuk membantu pemulihan di kawasan tersebut.

Ketua Fed Janet Yellen dijadwalkan untuk tampil di depan Kongres pekan ini dalam komentar yang akan dicermati sebagai petunjuk tentang prospek kebijakan. Suku bunga yang AS lebih tinggi meningkatkan dolar dan mengurangi daya tarik emas karena ketidakmampuannya membayar bunga. Indeks Bloomberg Dollar Spot diperdagangkan pada hari Senin di dekat level tertinggi dalam lebih dari satu dekade. (sdm)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us