Emas Rebound Pasca Turki Tembak Jet Rusia, Memicu Permintaan Haven

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA, Emas menguat untuk pertama kalinya dalam tiga sesi terakhir setelah Turki mengatakan telah menembak jatuh sebuah jet tempur Rusia di dekat perbatasan Suriah, memicu permintaan untuk aset haven.

Saham-saham Eropa dan emerging-market melemah serta obligasi pemerintah naik di tengah rendahnya permintaan untuk aset berisiko karena para pedagang menilai dampak dari bentrokan langsung pertama dari kekuatan asing yang terlibat dalam perang sipil di Suriah. Sementara sebagian besar investor telah mengabaikan emas dalam dua tahun terakhir, logam juga kembali ke status safe-haven secara singkat dalam bulan ini setelah terjadinya serangan teroris di Paris.

Di Comex, emas berjangka untuk pengiriman Februari naik 0,6% untuk menetap di level $ 1,073.30 per ons pada pukul 01:42 siang di New York, setelah naik sebanyak 1,3%.

Harga telah memangkas keuntungan setelah sebuah laporan pemerintah menunjukkan bahwa ekonomi AS tumbuh pada kecepatan yang lebih cepat pada kuartal ketiga dari yang dilaporkan sebelumnya. Meningkatkan pertumbuhan yang mendukung kasus bagi Federal Reserve untuk meningkatkan suku bunga pertama kalinya sejak 2006. Emas turun untuk lima tahun terendah pada pekan lalu karena para pedagang meningkatkan spekulasi bahwa para pejabat akan menaikkan biaya pinjaman ketika mereka melakukan pertemuan bulan depan. Tingkat suku bunga yang lebih tinggi memotong daya tarik logam mulia karena mereka tidak membayar bunga seperti aset lain misalnya obligasi.(frk)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us