Meningkatnya Spekulasi Kenaikan Suku Bunga Jadikan Emas Meredup

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA, Emas diperdagangkan didekat level 5 tahun terendah seiring data ekonomi AS mengalihkan fokus investor kembali ke Federal Reserve yang akan memulai menaikkan suku bunga dan ketegangan geopolitik di Timur Tengah.

Bullion untuk pengiriman segera sedikit berubah berada di level $ 1,071.48 per ons pada pukul 1:52 waktu London setelah sebelumnya jatuh ke level $ 1,064.55 pada 18 November, yang merupakan level terendah sejak Februari 2010, menurut harga dari Bloomberg. Harga bullion kemarin naik setelah pasukan Turki menembak jatuh pesawat jet tempur Rusia di tengah konflik di Suriah.

Emas menuju penurunan bulanan terkait prospek suku bunga yang lebih tinggi dapat mengurangi daya tarik logam sebagai aset penyimpan nilai. Pesanan untuk peralatan bisnis di AS pada bulan Oktober meningkat melebihi perkiraan ekonom dan klaim pengangguran turun ke level terendah dalam sebulan terakhir. Namun, GDPNow Model yang melacak Atlanta Fed memangkas proyeksinya untuk pertumbuhan ekonomi pada kuartal keempat menjadi 1,8 % pada 25 November, dari 2,3 % pada pekan sebelumnya, menurut website-nya.

Kemungkinan peluang The Fed untuk menaikan suku bunga pada bulan Desember sebesar 72 %, naik dari 50 % pada akhir Oktober, menurut data dari Fed fund futures. Emas telah merosot 9,6 % pada tahun ini karena membaiknya data ekonomi AS yang mendukung kasus untuk suku bunga yang lebih tinggi, dan dapat memicu penguatan dolar.

AS akan merilis data klaim pengangguran awal pada 3 Desember dan non-farm payrolls sehari kemudian.

Holdings pada produk yang diperdagangkan di bursa emas yang didukung kemarin menyusut untuk hari keenam untuk 1,493.52 metrik ton ke level terendah sejak Februari 2009, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Impor logam China dari Hong Kong turun untuk pertama kalinya dalam 4 bulan terakhir, menurut data dari Departemen Sensus dan Statistik Hong Kong.

Spot perak naik 0,4 %, platinum menguat 0,9 % sementara paladium meningkat 0,8 %. Pasar keuangan AS akan ditutup pada hari Kamis untuk liburan Hari Thanksgiving. Emas untuk pengiriman Februari naik 0,1 % ke level $ 1,070.70 per ounce yang di perdagangan elektronik di Comex New York. (knc)

Sumber : Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us