Saham Eropa Berakhir Turun Ditengah Sentimen Pertumbuhan Global

Kekhawatiran atas kekuatan ekonomi global kembali menjadi perhatian, sehingga menyeret saham Eropa turun dari level tertinggi tiga bulan.

Indeks Stoxx Europe 600 turun 0,4% pada sesi penutupan perdagangan di London, memangkas penurunan sebanyak 0,9%. Saham pertambangan turun diikuti logam ditengah prospek kenaikan suku bunga AS yang mengirim dolar melambung.

Dolar menguat setelah Presiden Federal Reserve Bank of San Francisco John Williams, mengatakan selama akhir pekan bahwa ada "kasus yang kuat" untuk kenaikan suku bunga pada pertemuan terakhir The Fed di 2015.

Indeks ASE Yunani turun untuk hari ketiga, dengan National Bank of Greece SA, Piraeus Bank SA dan Eurobank Ergasias SA melanjutkan rekor terendah karena berusaha untuk menutupi kekurangan modal.

Indeks Stoxx 600 ditutup tiga bulan pekan lalu tertinggi, setelah risalah The Fed mengindikasikan ekonomi AS dapat menahan kenaikan suku bunga, dan para pejabat menekankan kenaikan akan dilakukan secara bertahap. Optimisme untuk stimulus dari ECB juga membantu ekuitas mencatat ebound sejak level terrendah pada September sebesar 13% hingga Jumat setelah Presiden ECB Mario Draghi menegaskan bahwa para otoritas akan melakukan apa yang diperlukan untuk meningkatkan inflasi.(yds)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us