Bursa Saham Jepang Turun Pada Sesi Break Perdagangan

Saham Jepang jatuh, mengikuti penurunan pada ekuitas AS karena yen merdupkan prospek pendapatan eksportir dan Toshiba Corp jatuh pada laporan tersebut akan membukukan rekor penurunan.

Indeks Topix turun 1,5% menjadi 1,513.41 pada sesi break di Tokyo, setelah mencatat penurunan mingguan keempat beruntun pada hari Jumat. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun 1,7% menjadi 18,664.32. Yen diperdagangkan pada 121,19 per dolar setelah penguatan 1,1% pada hari Jumat karena Bank Of Jepang mengubah program stimulus yang mengecewakan investor. Saham AS jatuh ke level terendah dalam dua bulan karena pasar menyesuaikan dengan suku bunga AS akhir mendekati nol.

Eksportir turun Senin karena penguatan yen mengurangi prospek untuk pendapatan dari penjualan di luar negeri saat dipulangkan. Toyota Motor Corp adalah hambatan terbesar pada indeks Topix, turun sebanyak 2,1%. Kikkoman Corp, produsen kecap dan mendapat lebih dari 40% pendapatan dari Amerika Utara, turun 1,9%.

Dari semua 33 kelompok industri dalam Topix menurun, dengan perusahaan farmasi dan operator pergudangan memimpin penurunan. Produsen obat Eisai Co turun 2,4%, sementara Mitsubishi Logistics Corp turun 2,6%.

Mitsubishi Chemical Holdings Corp turun 1,9% setelah surat kabar Nikkei melaporkan perusahaan akan menjual sebesar 100 miliar yen kepemilikan saham.

Sharp Corp naik 0,8%. Japan Display Inc mungkin menawarkan untuk membeli unit bisnis liquid-crystal Sharp, surat kabar Nikkei dan Yomiuri melaporkan hasil pada akhir pekan. Jepang Display turun 0,9%.(yds)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us