Saham Asia Bersiap Untuk Penurunan Tahun Kedua Pada Gejolak Komoditas

Saham Asia-Pasifik jatuh dalam perdagangan ringan pada hari terakhir tahun ini, dengan indeks acuan regional menuju penurunan tahunan pertama back-to-back sejak tahun 2002, karena saham energi yang melemah mengikuti harga minyak mentah.

Indeks MSCI Asia Pasifik kecuali Jepang turun 0,1 persen menjadi 410,54 pada 08:10 pagi di Hong Kong, dengan perusahaan bahan baku memimpin penurunan. Indeks MSCI yang mencakup Jepang menuju penurunan 4,5 persen tahun ini di tengah perlambatan pertumbuhan China dan penurunan dalam komoditas. Dibandingkan dengan kenaikan sebesar 0,2 persen untuk Indeks Standard & Poor 500 dan peningkatan 7,4 persen untuk indeks Stoxx Europe 600.

Sektor Energi dan produsen bahan baku memimpin penurunan pada indeks MSCI Asia Pacific tahun ini karena sentimen telah berubah negatif setelah satu dekade panjang kenaikan pasar yang didorong oleh keinginan besar China untuk tanaman pangan, logam dan bahan bakar. Produsen bergegas untuk memenuhi permintaan itu, sehingga pasokan melimpah yang sekarang menyebabkan persediaan yang berlimpah karena ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut berjuang dengan pertumbuhan terlemahnya dalam satu generasi.

Produk domestik bruto China akan melambat dari tingkat pertumbuhan 6,9 persen yang diperkirakan tahun ini menjadi 6,5 persen tahun depan, menurut survei Bloomberg. Sektor manufaktur nasional mungkin dikontrak untuk bulan kelima berturut-turut pada bulan Desember, menurut perkiraan rata-rata analis dalam survei Bloomberg yang terpisah. Indeks manajer pembelian resmi akan dirilis oleh Biro Statistik Nasional pada 1 Januari besok.

Pasar di Jepang, Indonesia, Korea, Filipina dan Thailand ditutup untuk liburan sementara mereka di Australia, Selandia Baru, Hong Kong dan Singapura telah mempersingkat perdagangannya.

Indeks S & P / ASX 200 Australia sedikit berubah, dengan volume perdagangan 56 persen di bawah rata-rata 30-hari untuk kali ini. Indeks S & P / NZX 50 Selandia Baru naik 0,1 persen. Pasar di China dan Hong Kong belum memulai perdagangan.

Saham China di Hong Kong memperpanjang sell-off terbesar di Asia tahun ini karena kekhawatiran perlambatan ekonomi negara yang mendalam akan berdampak pada pendapatan perusahaan. Indeks Hang Seng China Enterprises turun 1,3 persen pada Rabu kemarin, bersiap untuk penurunan 19 persen tahun ini. Indeks Shanghai Composite Index naik 0,3 persen, memperpanjang kenaikan tahun 2015 menjadi 10 persen.

Indeks Hang Seng China telah dipisahkan dari ekuitas China daratan tahun ini untuk pertama kalinya dalam satu dekade karena campur tangan pemerintah untuk mendukung saham di Shanghai dan Shenzhen dan investor asing berbalik melemah pada prospek pendapatan bangsa.

Indeks berjangka pada Indeks S & P 500 naik 0,1 persen pada hari Kamis. Ekuitas acuan AS merosot 0,7 persen pada Rabu kemarin, karena melemahnya perusahaan-perusahaan energi dan penurunan di Apple Inc yang membebani saham teknologi. Minyak mentah di New York turun 3,4 persen kemarin, siap untuk penurunan dua tahun terbesar dalam sejarah.(mrv)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us