Saham Eropa Naik untuk Pertama Kali dalam Tiga Hari

Saham Eropa naik di tengah perdagangan yang kurang menggairahkan, memangkas penurunan Desember terburuk mereka sejak tahun 2002.

Stoxx Europe 600 Index naik 1,4 persen pada penutupan perdagangan hari ini, dengan volume saham berpindah tangan 39 persen lebih rendah dari rata-rata 30-hari. Semua kelompok industri naik kecuali sektor penambang. Pasar akan ditutup pada hari Jumat untuk tahun baru. Beberapa pasar termasuk Jerman, Swiss dan Italia, juga akan ditutup pada hari Kamis untuk malam tahun baru, sementara yang lain akan memiliki jam perdagangan yang lebih pendek.

Ekuitas memangkas beberapa kerugian mereka dalam minggu terakhir tahun ini, setelah tergelincir pada awal bulan ini di tengah langkah-langkah stimulus yang mengecewakan Bank Sentral Eropa dan kekalahan dalam pada harga komoditas dan minyak mentah. Rebound pada penambang dan produsen energi sejak itu menambahkan kenaikan tahunan beruntun keempat Stoxx 600.

Stoxx 600 sedang menuju kenaikan tahunan 7,9 persen. Stoxx 600 kehilangan sebagian besar dari keuntungan tahun ini di tengah kekhawatiran atas pertumbuhan global, seiring Federal Reserve menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade. Setelah melonjak sebanyak 21 persen ke rekor pada bulan April, Stoxx 600 tergelincir 12 persen melalui kemarin. Yang berarti sejauh ini telah turun 4,1 persen untuk bulan ini. (sdm)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us