Saham Eropa Naik di Akhir Perdagangan seiring Minyak Picu Kenaikan Saham Energi

Saham Eropa menghapus penurunan untuk naik di menit-menit terakhir perdagangan menyusul reboundnya minyak dan investor menaksir nilai setelah beberapa laporan pendapatan yang mengecewakan.

Saham perusahaan energi pulih di perdagangan sore seiring penguatan minyak setelah data menunjukkan stok di pusat penyimpanan terbesar AS turun. Royal Dutch Shell Plc naik 2,9 persen setelah memenangkan persetujuan pemegang saham untuk membeli BG Group Plc, yang naik 3,5 persen. BASF SE kehilangan 1,8 persen setelah dunia mengatakan akan memesan 600 juta euro ($ 652.000.000) pada kuartal keempat seiring harga minyak dan gas yang lebih rendah.

Stoxx Europe 600 Index naik 0,3 persen ke level 340,24 pada penutupan perdagangan, menghapus kerugian sebanyak 1 persen pada sesi-sesi sebelumnya. Indeks tersebut menuju penurunan bulanan 7 persen, yang merupakan penurunan terbesar sejak Agustus. Saham diperdagangkan pada sekitar 14,6 kali dari pendapatan yang diproyeksikan. Itu merupakan yang terendah dalam lebih dari satu tahun. Indeks volatilitas di pasar telah meningkat 25 persen pada bulan Januari dan mencapai level tertinggi sejak September pekan lalu.

Federal Reserve merilis pernyataan kebijakan moneter setelah penutupan perdagangan Eropa. Investor akan mencari indikasi dari niat bank sentral AS mengenai tingkat suku bunga setelah gejolak pasar Januari. Pedagang mengkalkulasi di nol persen kemungkinan kenaikan suku bunga bulan ini dan 25 persen kemungkinan peningkatan pada bulan Maret.

Di antara saham yang bergerak di update keuangan, Novartis turun 3,7 persen setelah produsen obat Swiss membukukan laba dan penjualan meleset dari proyeksi. Ericsson AB meluncur 6,3 persen seiring keuntungan pada kuartal keempat mereka kurang menguntungkan dari apa yang analis prediksi. (sdm)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us