Kepercayaan Bisnis Jerman Meningkat

Sentimen bisnis Jerman meningkat lebih dari perkiraan analis pada bulan Mei, menandakan bahwa momentum pertumbuhan di negara dengan ekonomi terbesar di Eropa itu tetap kuat.

Indeks iklim bisnis Ifo institute berbasis di Munich naik menjadi 107,7 dari revisi 106,7 pada bulan April. Estimasi median dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom yakni untuk peningkatan ke 106,8.

Mosi percaya dalam prospek ekonomi Jerman datang sehari setelah investor menyatakan kekhawatiran bahwa keluarnya Inggris dari Uni Eropa akan mengurangi pertumbuhan setelah produk domestik bruto meningkat pada laju tercepat dalam dua tahun pada awal tahun ini. Bundesbank mengatakan bahwa perekonomian negara dapat mempertahankan dasar kekuatannya, meskipun ekspansi akan agak melambat pada kuartal ini.

Indeks kondisi ekonomi saat ini naik menjadi 114,2 dari 113,2, laporan Ifo menunjukkan. Sama halnya dengan Indeks harapan yang juga meningkat.

Laporan ini dapat memberikan beberapa pelonggaran untuk Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi saat ia dan rekan-rekannya mencoba untuk melihat apakah mereka sudah melakukan hal yang cukup untuk mempertahankan pemulihan ekonomi di kawasan euro, atau jika stimulus lebih diperlukan

Pembuat kebijakan, yang akan bertemu di Wina pada tanggal 2 Juni, telah memompa likuiditas ke wilayah tersebut melalui pembelian aset dan menurunkan suku bunga ke rekor terendah saat mereka mencoba untuk menghidupkan kembali inflasi. ECB bersiap untuk mulai membeli obligasi korporasi bulan depan dan juga akan menawarkan pinjaman jangka panjang yang murah untuk bank-bank guna memacu pertumbuhan kredit. (sdm)

Sumber: Bloomberg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us