Keyakinan Ekonomi Dan Bisnis Zona Eropa Bulan Mei Meningkat

Sentimen ekonomi Zona Eropa membaik lebih dari yang diperkirakan pada bulan Mei, demikian data dari Komisi Eropa yang dirilis pada hari Senin (30/05).

Sentimen ekonomi di 19 negara anggota zona Eropa naik menjadi 104,7 bulan ini dari revisi naik 104,0 pada bulan April, mengalahkan konsensus pasar pada 104,4 poin.

Peningkatan lebih optimis terjadi di kalangan konsumen dan manajer di sektor perdagangan dan konstruksi ritel, sementara kepercayaan tetap stabil di sektor industri dan sedikit menurun di sektor jasa, yang terbesar dalam ekonomi zona Eropa.

Secara terpisah, indeks kepercayaan bisnis, yang menunjuk ke fase dari siklus bisnis, meningkat menjadi 0,26 di bulan Mei dari revisi naik 0,15 pada bulan April. Peningkatan ini jauh lebih tinggi dari perkiraan pasar yang naik ke 0,16.

euro-area-business-confidence (2)

Harapan konsumen dari tren harga selama 12 bulan ke depan naik menjadi 3,4 di bulan Mei dari 2,9 bulan sebelumnya, mengkonfirmasikan tren positif yang tercatat pada bulan April, tetapi tetap jauh di bawah rata-rata jangka panjang 19,2.

Harapan perusahaan dari perkembangan harga produsen juga naik ke -0,7 dari -2,8 yang direvisi pada bulan April, mencapai titik tertinggi sejak Juli 2015, meskipun masih di bawah rata-rata jangka panjang 4,8.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us