BI Buka Operasional Terbatas saat Pilkada DKI Putaran Kedua

Jakarta: -- PT Rifan Financindo --  Bank Indonesia (BI) mengaku akan tetap melakukan kegiatan operasional terbatas saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua. Penyesuaian dilakukan untuk memberikan kesempatan pegawai untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada. 


Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara mengatakan, penyesuaian ini juga dilakukan dengan berpedoman kepada Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 10 Tahun 2017 yang menetapkan tanggal 1 April 2017 sebagai hari libur di Provinsi DKI Jakarta.

"Di sisi lain, Bank Indonesia tetap mendukung kegiatan ekonomi nasional dan memberikan pelayanan sistem pembayaran kepada masyarakat dan dunia usaha di seluruh wilayah Indonesia," ujarnya dalama keterangan tertulis di Jakarta, Senin 17 April 2017.

Adapun kegiatan operasional BI pada hari pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta putaran kedua pada hari Rabu, 19 April 2017. Pertama, Kantor Pusat BI di Jakarta beroperasi secara terbatas, dengan pengaturan sebagai berikut:

Pertama, Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) beroperasi secara normal sesuai dengan jadwal yang berlaku.

Kedua, kegiatan layanan kas beroperasi penuh dalam rangka pemenuhan kebutuhan penarikan dan setoran uang kartal dari perbankan. Ketiga mengenai Oerasi Moneter, yaitu Operasi Moneter Rupiah dilakukan untuk Standing Facilities Rupiah (Deposit Facility dan Lending Facility).

Sementara itu terkait dengan Operasi Moneter Valas, yaitu kurs JISDOR pada 19 April 2017 tidak diterbitkan. Sedangkan kurs Bank Indonesia pada tanggal 19 April 2017 menggunakan referensi kurs hari kerja normal terakhir yang diterbitkan pada 18 April 2017. Serta seluruh transaksi operasi moneter valas pada 19 April 2017 ditiadakan.

Selain itu, bank sentral menetapkan jika Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta libur. Adapun seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia di daerah lainnya beroperasi secara normal.

"Bank Indonesia mendukung pelaksanaan Pilkada putaran kedua yang optimal dengan memberikan libur bagi pegawai di Kantor Pusat Jakarta untuk melaksanakan hak pilihnya, dan melakukan pengaturan waktu kerja bagi pegawai yang melaksanakan kegiatan operasional terbatas untuk menggunakan hak pilihnya pada saat pemungutan suara, serta dispensasi bagi pegawai Bank Indonesia di daerah yang memiliki hak pilih," pungkasnya.

PT Rifan Financindo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us