Laporan Akhir: Pesawat MH370 Hilang "Tak Bisa Dipahami"

CANBERRA, Rifanfinancindo  – Tim penyelidik Australia telah merampungkan laporan akhir tentang hilangnya pesawat Boeing 777 milik Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 yang hilang tiga tahun lalu.


Dalam laporan akhir yang dikeluarkan pada Selasa (3/10/2017), disebutkan kenyataan bahwa dunia tidak mengetahui apa yang sejatinya terjadi pada pesawat itu adalah "tak dapat diterima".

"Hampir tidak dapat dipahami dan tentu saja secara sosial tak dapat diterima di era penerbangan modern ini dengan 10 juta orang menumpang pesawat komersial setiap hari, pesawat komersial besar hilang dan dunia tidak mengetahui secara pasti apa yang terjadi dengan pesawat dan dengan mereka yang berada di dalamnya," kata Biro Keselamatan Transportasi Australia.

"Meskipun ditempuh upaya luar biasa oleh ratusan orang dari berbagai penjuru dunia yang terlibat dalam pencarian, pesawat belum ditemukan."

MH370 hilang pada 2014 dalam penerbangan dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Beijing, China, yang mengangkut 239 orang.

Operasi pencarian skala besar, di bawah pimpinan Biro Keselamatan Transportasi Australia, dihentikan pada Januari tahun ini setelah 1.046 hari.

Tiga negara terlibat dalam pencarian itu, yakni Australia, Malaysia dan China.

Di dalam laporan akhir ditegaskan kembali perkiraan antara Desember hingga April bahwa pesawat Boeing 777 itu kemungkinan besar terletak di area 25.000 km persegi ke arah utara dari zona pencarian sebelumnya di Samudra Hindia bagian selatan.
Sejumlah puing, yang kemungkinan bagian dari pesawat MH370 , telah ditemukan, antara lain di Madagaskar dan Pulau Reunion.
Bagaimanapun, laporan ini menegaskan apa yang sebenarnya terjadi pada pesawat MH370 tidak akan pernah diketahui secara pasti sampai pesawatnya ditemukan – dan kemungkinan itu kecil.

Ini Bukti Malaysia Airlines MH370 Sengaja Hindari Radar


Meski Pemerintah Malaysia belum memastikan hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH 370 karena aksi pembajakan, namun dugaan skenario pembajakan terhadap pesawat yang hilang sejak Sabtu pekan yang lalu (8/3/2014) kini semakin kuat.

Dugaan muncul setelah Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak mengadakan konferensi pers di Malaysia, hari ini Sabtu (15/3/2014).  Dalam konferensi pers tersebut, Razak menyatakan, pesawat Boeing 777-200ER milik maskapai Malaysian Airlines sengaja dibelokkan dan dimatikan radar transponder-nya.


Apa yang disampaikan oleh Razak dalam konferensi pers hari ini memunculkan dugaan bahwa pembajak MH370 bukan orang sembarangan, setidaknya ia mengetahui teknis pengoperasian instrumen pesawat. Karena, selain membelokkan rute dan mematikan transponder, pihak yang mengambilalih pesawat dengan sengaja memilih jalur untuk menghindari radar agar tidak terdeteksi.

Fakta di atas diperkuat dengan data yang didapat oleh Reuters. Pada Jumat (14/3/2014), Reuters mendapatkan data lokasi MH370 yang ditangkap radar militer Malaysia setelah menghilang dari radar sipil. Data tersebut didapat Reuters dari sumber kepolisian Malaysia yang tidak mau disebutkan namanya.

Dari data tersebut, diketahui MH370 berada di waypoint yang bernama IGARI pada Sabtu (8/3/2014) pekan lalu, pukul 01:21 pagi waktu Malaysia. Waypoint IGARI sendiri berada di radial 059 derajat dari radar VOR Kota Bharu.

Setelah itu, MH370 bergerak ke arah barat menuju waypoint VAMPI yang berada di Selat Malaka, atau timur laut Banda Aceh, Indonesia tanpa terdeteksi radar sipil.

Setelah mencapai titik VAMPI, MH370 berbelok sedikit ke timur laut menuju waypoint GIVAL yang berada di selatan Phuket, Thailand, lalu terbang ke arah barat laut menuju waypoint IGREX yang berada di tengah laut Andaman.

Radar militer Malaysia kemudian tidak bisa menjejak lagi kemana MH370 pergi. Dari waypoint IGREX, terdapat rute airways P628 yang sering digunakan oleh pilot untuk terbang dari wilayah Asia Tenggara menuju Timur Tengah atau Eropa.

Dari pemilihan jalur seperti dijelaskan di atas, bisa disimpulkan bahwa siapa saja yang membelokkan penerbangan MH370 adalah orang yang memiliki pengetahuan yang cukup.

Hal tersebut juga diutarakan oleh Associated Press (AP) yang mengatakan bahwa satu orang atau lebih yang memiliki pengetahuan terbang yang signifikan telah membajak Malaysian Airlines MH370.

Orang tersebut tahu bagaimana cara mematikan transponder pesawat, dan memberikan input navigasi yang baru, menyimpang dari rute yang telah diatur untuk terbang menuju Beijing.

Rute MH370 digambarkan oleh grafis yang terdapat di situs http://irinfodotorg.files.wordpress.com di bawah ini. File resolusi tinggi dari foto di bawah bisa dibuka melalui tautan ini.

Dari waypoint IGREX di tengah laut Andaman tersebut, MH370 diperkirakan masih memiliki bahan bakar untuk terbang selama 5 jam. Karena itulah, saat ini fokus pencarian Boeing 777-200 Malaysian Airlines tersebut dikonsentrasikan dari batas utara di Tajikistan hingga batas selatan di Samudera Hindia.

MH370 sengaja menghindari radar?

Layaknya jalan raya, pesawat terbang di udara juga harus melewati jalur yang sudah ditentukan, jalur udara tersebut disebut airways yang menghubungkan dari satu waypoint ke waypoint berikutnya. Dalam pesawat terbang modern, seperti Boeing 777-200ER milik Malaysian Airlines ini, pesawat juga sudah dilengkapi dengan komputer penerbangan (Flight Management Computing-FMC).



Baca juga :
. PT Rifan Financindo | Pialang Berjangka PT Rifan Bidik 200 Investor Baru di Semarang
. Rifan Financindo   | Rifan Financindo Targetkan 200 Nasabah Baru
. Rifanfinancindo   | Rifan Financindo Berjangka Gelar Sosialisasi Cerdas Berinvestasi
. PT Rifan Financindo | Rifan Financindo Berjangka Incar Kenaikan Nasabah 53% di Jawa Tengah
. Rifan Financindo   | Pialang Prihatin Banyak Investasi Bodong Beroperasi
Rifanfinancindo   | Bursa Berjangka 2017, BBJ Siapkan 23 Pusat Pelatihan
. PT Rifan Financindo | Nasabah Bursa Berjangka di Semarang Kontribusi Besar di BBJ
. Rifan Financindo   |  RFB Dorong Edukasi Perdagangan Berjangka Komoditi
. Rifanfinancindo   |  Industri PBK Tumbuh di Tengah Rendahnya Pemahaman Masyarakat
. PT Rifan Financindo |  Foto Bursa Berjangka Dikenalkan di Semarang
. Rifan Financindo   | Kenapa Investasi Bodong Menjamur dan Makan Banyak Korban?
Rifanfinancindo   |  Banyak Masyarakat Belum Paham PBK
. PT Rifan Financindo |  Tingkatkan Potensi Perdagangan Berjangka Komoditi, RFB Lakukan Sosialisasi Bersama BBJ & KBI
. Rifan Financindo   |  SOSIALISASI INDUSTRI PERDAGANGAN BERJANGKA KOMODITI
. Rifanfinancindo   | Kerja Sama dengan USU, Rifan Financindo Siapkan Investor Masa Depan
. PT Rifan Financindo |  Waspada Investasi Bodong, Ada Baiknya Anda Mengenal Lebih Baik Perdagangan Berjangka
. Rifan Financindo   | Perdagangan Bursa Berjangka Menjanjikan Imbal Hasil Besar dan Resiko Besar
. Rifanfinancindo   | Pemkot Terima Bantuan Tempat Sampah
. PT Rifan Financindo | Perdagangan Bursa Berjangka Menjanjikan Imbal Hasil Besar dan Resiko Besar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us