Emas Lampaui Level $1.600; Paladium Cetak Rekor Baru

Rifan Financindo || Emas berjangka mencapai tingkat tertinggi tujuh tahun di atas $1.600 per ons pada Kamis (20/02) pagi, melanjutkan penembusan pertama kalinya level tersebut selama enam minggu, tatkala bursa global juga melonjak didorong oleh kebijakan pelonggaran hadapi pandemi di Cina.


Sementara itu, harga paladium spot dan paladium berjangka melonjak ke level puncak baru sepanjang masa dalam kekhawatiran mengetatnya pasokan pada logam katalis kendaraan tersebut - setelah terjadi krisis daya di negara produsen utama Afrika Selatan - memicu akumulasi beli produk investasi yang terkait dengan komoditas ini.

"Di saat trader mengantisipasi pemulihan berbentuk V dari virus, minat atas aset safe haven masih tampak tidak pernah terpuaskan," ungkap TD Securities dalam catatan. "Logam mulia dan obligasi terus mendapatkan permintaan yang besar sebagai akibatnya."

Emas berjangka COMEX untuk penyerahan April di New York yang diselesaikan untuk perdagangan Jumat ditutup naik $8,20, atau 0,5%, di $1,611.80 per ons. Level tertinggi di sesi tersebut mencapai $1.614,25 yang merupakan tingkat tertinggi Februari 2013.

Emas spot, yang mencerminkan perdagangan langsung fisik emas, naik 0,5% di $1,609.03 pada pukul 3:30 PM ET (20:30 GMT). Harga emas fisik ini sebelumnya naik menjadi $ 1.611,07, kembali ke puncak Januari dan juga akan mencatatkan tingkat tertinggi selama tujuh tahun.

"Sementara perdagangan emas tetap ramai, jumlah posisi rata-rata trader masih tidak berlebih - yang agak mengurangi risiko keluar posisi terburu-buru," kata TD Securities dalam catatannya. "Memang, perubahan narasi pasar akan diperlukan karena penentuan posisi emas perlu turun melalui penurunan cepat dalam jumlah posisi trader lama."

Paladium berjangka COMEX untuk penyerahan Maret berakhir naik $73,60, atau 3%, di $2,571,20 setelah mencapai rekor tertinggi di $2,755,90.

Paladium spot meningkat $44, atau 1,7%, di $2,680, setelah menyentuh puncak $2,843.50.

Harga paladium sudah naik lebih dari 45% tahun ini, dibandingkan dengan 54% yang didapatkan sepanjang 2019.

Paladium spot saat ini ada di sekitar $1.800 dan ini harganya lebih mahal daripada platinum serta sekitar $1.200 lebih mahal juga dari emas.
Rifan Financindo || "Kegilaan di pasar paladium berlanjut," tandas analis Commerzbank (DE:CBKG) Daniel Briesemann. "Belum pernah ada kesenjangan sangat besar antara harga antara paladium dan dua logam mulia ini." 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us