Forex Hari Ini: King Dolar Raja Berkonsolidasi, Virus Corona Mendukung Emas Yang Tak Terhentikan, Data EUR Dipantau

Berikut yang perlu Anda ketahui pada hari Jumat, 21 Februari:

Rifanfinancindo || Virus corona terus memakan korba jiwa dan berdampak pada ekonomi. China telah melaporkan penurunan 92% dalam penjualan mobil pada paruh pertama Februari dan menghentikan sebagian besar kereta barang menuju Eropa sementara itu mendesak perusahaan untuk kembali ke normal dan menjanjikan dukungan. Jepang akan membatalkan atau menunda acara di luar ruangan dalam tiga pekan ke depan. AS telah mengeluarkan travel warning ke negara tersebut. Korea Selatan telah mengkonfirmasi infeksi di kalangan militer dan perusahaan penerbangannya akan menangguhkan lebih banyak penerbangan. Negara ini juga menetapkan dua kota sebagai "zona perawatan khusus."

Suasana pasar agak buruk karena akhir pekan semakin dekat, dengan dolar AS menahan sebagian besar kenaikannya. Harga emas terus melonjak di atas $1.620, tertinggi dalam tujuh tahun. Yen Jepang telah menemukan pijakannya setelah aksi jual besar-besaran.

Lihat  Kekuatan Dolar AS: Lebih Dari Sekedar Penularan Virus Corona

Dolar AS diuntungkan oleh angka-angka optimis, meskipun beberapa di antaranya penting. Lompatan Indeks Manufaktur Fed Philly ke 36,7 poin adalah yang terbaru untuk meningkatkan dolar. Indeks Manajer Pembelian awal Markit menjadi menarik hari ini.

Inflasi Jepang telah meningkat, tetapi ketika melucuti pengaruh kenaikan pajak penjualan, tetap hampir di atas 0%. IMP awal di Jepang telah turun di bawah 50, menunjukkan kontraksi yang berkelanjutan setelah negara melaporkan penurunan pertumbuhan kuartal keempat.

IMP Zona Euro dan khususnya IMP Manufaktur Jerman menjadi perhatian di pagi Eropa. Ekonom mengharapkan penurunan dalam hampir semua langkah ke depan di tengah wabah virus corona. Risalah pertemuan Bank Sentral Eropa yang diterbitkan pada hari Kamis mencerminkan optimisme hati-hati yang sebelumnya disampaikan oleh para pembuat kebijakan. Kementerian Keuangan Jerman mengatakan bahwa prospek perdagangan masih lemah. EUR/USD telah mengisi "Gap Macron" 2017 dengan menekan 1,0777 dan sejak itu stabil.

Lihat  Pratinjau IMP Zona Euro: Memicu Penurunan EUR/USD Berikutnya? Harapan Yang Rendah Mungkin Terlalu Tinggi

IMP Inggris akan menurun dalam pembacaan awal untuk Februari setelah menikmati "Boris Bounce" pada Januari - bisnis merespons positif terhadap kemenangan Perdana Menteri Boris Johnson. Publikasi Kamis penjualan ritel yang lebih baik dari yang diharapkan untuk Januari gagal memicu rally yang berarti. GBP/USD menyerah pada kekuatan dolar dan mencapai level terendah sejak November sebelum stabil.

AUD/USD telah jatuh di bawah 0,66, mencapai terendah sejak 2009. kekhawatiran virus corona, kekuatan dolar, kenaikan tingkat pengangguran Australia dan akhirnya penurunan IMP awal di bawah 50 poin – menyiratkan kontraksi – telah membebani Aussie.

Angka penjualan ritel Kanada untuk bulan Desember ditetapkan untuk menunjukkan kenaikan moderat. Loonie telah stabil di atas 1,32. Harga minyak turun dari tertinggi karena dipicu oleh peningkatan yang lebih kecil dari perkiraan dalam persediaan minyak mentah. WTI di bawah $54 setelah melampaui level itu.

Cryptocurrency telah pulih dari aksi jual awal pekan ini, dengan Bitcoin diperdagangkan mendekati $9.700.  Rifanfinancindo ||  



Komentar

Postingan populer dari blog ini

16 Tahun Serangan “9/11”: WTC Runtuh Bukan karena Tabrakan Pesawat?

Sentimen Global Masih Ada, Rupiah Menguat di Hadapan Dolar AS

Contact Us